Resensi Novel:Moga Bunda Disayang Allah

Hup.inilah sebuah novel yang memaksa saya menguras air mata. Novel Luar Biasa. Bahasanya simple. Syarat makan dan membuat saya mengenyampingkan buku ilmu penyakit dalam yang sudah terbuka. Novel ini ditulis oleh Tree lee tidak terlalu tebal. tapi cukup membuat pusing menebak alur cerita diawal-awal novel. Novel ini menceritakan tentang sebuah keluarga Kaya yang berada diasuatu kota. Keluarga ini tinggal disebuah rumah mewah nan megah di perbukitan kota. Bunda dan tuan HK adalah penghuni rumah tersebut. Tuan HK adalah seorang pembisnis yang memilki pabrik besar pemproduksi barang-barang kebutuhan masyarakat. Disamping ramah dan dermawan keluarga ini mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Hal tersebut lebih di sebabkan kaen akhlak beliau dan kontribusi keluarga Tuan HK dalam mengurangi pengngguran di kota tersebut selama berpuluh-puluh tahun. Tuan HKdan bunda adlah psangan yang serasi dan romantis. dibalik keharmonisan tersebut, ada nilai kesabaran dan kesetiaan yang dibuktikan dengan berusahanya mereka menati momongan selam tga belas tahun lebih. Kebahagiaan itu datang seorang gadis mungil bermata jeli, cantik dan mengemaskan bernama Merpati hadir sebagai karuni Allah di tengah keluarga mereka. Enam tahun sudah kini umur merpati. Tapi kebahagiaan itu sudah tiga tahun pergi. Tepatnya diusia merpati yang ke 3 mereka berlubir kesebuah pulai bernama Mikronesia. Pulau indah dengan sejuta pesona pantai dan laut. Kejadian tak terduga terjadi. Merpati gadis nan lucu menggemaskan terhentak dan terjatih stak berdaya setelah sebuah piring terbang tepat mengenai kepala imutnya. Serasa di cabut nyawa mendadak, bunda dan tuan HK telah kehilangan nikmat Allah yang tak terhingga bagi anaknya. Melati buta dan mendadak tuli. Didamping hal itu, otak belakang merpati terganggu yang berakibat hilangnya seluruh memory dan daya ingat miliknya. Merpati seolah terlahir seperti bayi kembali. tanpa ilmu pengetahuan. Dan yang lebih mengiris hati. Bocahkecil itu kehilangan jalan untuk mendapat pengetahuan yakni mata dan telinga. Yang ada di benakanya adalah gelap dan sunyi. dai tidak mengenal kosakata, tidak bisa membedakan benda tidak bisa mengungkapkan emosi, tidak tahu mana bunda dan tuan HK,.Arg..bisa kita banyangkan. Buta sekaligus tuli dengan hilangnya memory. Yang bisadilakuakn melati saat ini hanyalah manggaum..,melempar setiap benda di rumahnya. mungkin setiap hari ada selusin benda pecah belah yang dia lempar.

Di sisi yang lain hiduplah seorang pemuda yang selam tiga tahun ini mengalami depresi berat. jiwanya tergoncang. setelah sebuah peristiwa yang tidakakan pernah dia lupakan selamanya. Namanya adalah karang. Seorang pemuda berbadan tegap berwajah tampan dan berotak cerdas. Dia adalah sekian pemuda yang beruntung.semasa kecil karang adalah seorang anak gelandangan. sampai akhirnya seorang tua membawanya pulang dan membuat sebuah rumah singgah untuk para anak jalanan. karang kecil terus menimba ilmu. karena kecerdasannya ia mendapatkan banyak beasiswa untuk melajutkan study. Karang meiliki cita-cita yang mulia, terilhami dari bapak angakatnya ia memilii impian untuk membentuk rumah belajar bagi anak-anak jalannan sepertinya agar mampu mencicipi indahnya pendidikan. Cita-citany mulai terwujud. Disamping karanga dalah pemuda yang sangat peka dan sangat mudah dekat dengan anak-anak, dia adalah salah satu pelopor berdirinya sekolah gratis untuk anak-anak jalanan. ampai sebuah peristiwa menghancurkan hidupnya. Karang beserta 26 anak jalanan bianaanya sedang berwisata kesebuah pulau. Hari yang cerah berubah menjadi duka. ketika perjalanan pulang. Allah menguji keimannnay. Kapal yang ditumpanginya beserta anak-anak itu dihempas badai besar. Kapal terbalik. dan 18 anak binannya meninggal seketika karena tidak bisa berenang dan kedinginan. Setelah itu hidupnya berubah 180 drajat. walaupun dia lolos dari tuntutan pengadilan. Dia tetap merasa bersalah. dia menyalahkan dirinya yang telah mengajak anak-anak tersebut berwisata.

Berpuluh-puluh dtim dokter telah berusaha menangani masalah merpati. berpuluh-puluh car telah dilakukan bunda untuk mengobati merpati. Dari dokter dalam negeri sampai luar negeri hasilnya tetap saja. Nol. Rasa putus asa sebagai manusia terkadang menghampiri. tapi bunda tidak pernah berputus asa. dia tidak merasa bahwa Allah tidak adil kepadanya. dia hanya merasa bahwa ini adalah ujian kesabaran. Layakyna  nabi Ayub as yang sabar dengan penyakitnya.kejadian terakhir menyakiti dirinya. ketika ditangani dokter Singapura Melati meronta dan menggiggit tangan dokter tersebut sampai nyaris putus. Tim dokter marah dan menyarankan agar tuan HK membawa  merpati ke rumah sakit jiwa. Bunda menangis di sepertiga malamnya.

Sepucuk suratdatang ke kamar pemuda yang suka mabuk itu. tapi surat itu tidak pernah ia buka. samapi akhirnya surat itu mengunung karena sang pengirim tidak lelah mengirim surat setiap hari kepadanya. Ya surat itu dari bunda kepada lintang. Atas dasar seorang dokter cantik yang baru saja menamatkan sekolah kedokterannya yang bernama kinasih, Bunda mengirim surat kepada Karang. Akhirnya bunda menemu karang di gubuk tuanya. alangkah terkejutnya bunda melihat garangnya wajah karang. rambut panjang yang tidak potong. dan sikap kasar kepadanya. tapi itu tak menyurutkan bunda untuk terus meminta. meminta agar karang mau melihat merpati dan mau membantunya mengobati merpati dengan cara papun, dengan syarat apapun. Hati karang masih tetap keras seperti karang di laut. ia menolak. dan mengusir bunda dari gubuknya.

Pertolongan Allah datang. hati karang mulai meluluh. (Bersambung…)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s